Blog Official Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Apa Itu HIMA ?

Apa Itu HIMA ?

Himpunan Mahasiswa, atau dalam kesehariannya biasa disebut HIMA, adalah organisasi mahasiswa yang pasti dijumpai di berbagai universitas di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi, HIMA memiliki visi, misi, tujuan, serta program kerja selama 1 periode masa jabatan. Dalam beberapa universitas, penyebutan HIMA kadang berbeda. Ada yang menggunakan istilah HMJ, ada juga yang menggunakan istilah HMP.

HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki tingkat kekuasaan eksekutif di lingkup jurusan. Ketua dan Wakil Ketua HMJ dipilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat jurusan. Posisi HMJ dalam kelembagaan universitas yaitu sebagai organisasi non-struktural.

HMP (Himpunan Mahasiswa Program Studi) merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki tingkat kekuasaan eksekutif di lingkup program studi. Ketua dan Wakil Ketua HMP dipilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat program studi. Posisi HMP dalam kelembagaan universitas yaitu sebagai organisasi non-struktural.

Adanya perbedaan penyebutan istilah antara HMJ dan HMP tidak lain adalah karena kebijakan dari setiap universitas dalam menamai tingkatan terbawah di universitasnya. Sebagai contoh, beberapa universitas mungkin memakai istilah program studi Teknik Informatika, sedangkan universitas lainnya memakai istilah jurusan Teknik Informatika. Bahkan tak jarang dalam satu universitas, tapi beda fakultas, ada perbedaan penyebutan sehingga di fakultas A memakai HMP, sedangkan di fakultas B memakai HMJ.

HIMA memiliki struktur organisasi yang tidak jauh berbeda dengan organisasi mahasiswa pada umumnya. Dalam menunjang kinerjanya, HIMA memiliki beberapa departemen yang masing-masing dipimpin oleh Kepala Departemen, atau biasa disingkat Kadep. Departemen-departemen tersebut biasanya melingkupi bidang yang berbeda, seperti agama, minat dan bakat, keilmuan, dalam negeri, luar negeri, komunikasi dan informasi, pengembangan sumber daya manusia, dan hal lainnya yang dianggap perlu dalam menunjang HIMA. Semua departemen dikoordinir oleh Badan Pengurus Harian, atau biasa disingkat BPH. BPH terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya menggunakan sistem jurusan, sehingga organisasi mahasiswanya disebut HMJ. Ada 5 jurusan di Fakultas Teknik Unesa, yaitu Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Sampaikan Pendapat Anda ke DPM FT

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget